MAHASISWA UINSA IKUTI ITHLA ABROAD 2017 DI MALAYSIA

UINSA Neswroom, Senin (05/06/2107); Bulan Mei lalu, tepatnya pada tanggal 16-30 Mei 2017, salah satu mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Qurrotu A’yun dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab, terpilih mengikuti program Ithla Abroad 2017. Program pengajaran keterampilan bahasa arab di Malaysia ini diselenggarakan Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia yang bekerjasama dengan Ma’had Tahfiz ArRahmah, Terengganu, Malaysia. Program yang diadakan selama dua minggu ini diikuti 4 Mahasiswa dari berbagai PTKIN di Indonesia. Seperti UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Malang, UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UIN Bandung, IAIN Palangkaraya, STAIN Kediri, dan STAIN Kudus.

Di Malaysia, para mahasiswa ini mengajarkan Bahasa Arab dengan kemasan yang berbeda. Jika pada umumnya pengajaran Bahasa Arab diisi dengan materi bahasa, kali ini para mahasiswa mengajarkan Bahasa Arab melalui keterampilan berbahasa, seperti Qiroatu Syi’ir (membaca puisi), Khitobah (Pidato) dan Insya’ (mengarang). Selain itu, Mahasiswa Bahasa Arab ini juga mengajarkan beberapa lagu berbahasa arab, Muhadtasah dan juga mengadakan perlombaan dipenghujung acara. “Lombanya berupa drama berbahasa Arab juga beberapa keterampilan berbahasa yang sebelumnya kami ajarkan,” ujar Qurrotu A’yun.

Lebih lanjut Qurrotu A’yun juga menjelaskan, bahwa siswa di Mahad Tahfiz ArRahmah tidak hanya berasal dari Malaysia. Beberapa siswa juga berasal dari negara lain seperti Kamboja, Thailand, Vietnam dan Filipina. Keberagaman latar belakang tersebut tidak menyurutkan mahasiswa semester VIII ini untuk mengajar Bahasa Arab, walaupun terkadang menemukan kesulitan dalam pemahaman makna dan arti.

Selain mengajar Bahasa Arab, Mahasiswa UINSA ini juga menjadi delegasi yang mewakili Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia dalam kunjungannya ke Universiti Kebangsaan Malaysia. Perihal kaitannya dengan kerjasama antara Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia dan Malaysia. “Ada kebanggaan tersendiri bisa mewakili Indonesia khususnya UIN Sunan Ampel Surabaya dalam ajang internasional ini,” ujar Qurrotu A’yun. (QA/IO)

 

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s