Menpora RI Berikan Motivasi Pada Ratusan Mahasiswa

Uinsa News – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) H. Imam Nahrawi berkesempatan memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Selasa (9/12). Berbicara di depan ratusan mahasiswa, Menpora menekankan agar generasi muda Indonesia sebagai penentu masa depan bangsa dapat memaksimalkan potensi diri sehingga dapat bersaing pada kompetisi global.

“Apa yang dimiliki diri kita saat ini sangat terbatas dan amat sangat pendek waktunya maka manfaatkanlah waktu sebaik mungkin. Termasuk pada saat kuliah di kelas, semua yang diajarkan dosen harus dicatat karena suatu saat akan sangat bermanfaat bagi masa depan. Oleh karena itu semua harus siap menghadapi pasar global,” kata Menpora Imam Nahrawi pada acara Kuliah Umum dengan tema Peran Pemuda Dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 dan Bonus Demografi 2025.

Menpora menuturkan saat mendaftar dan menjalani masa kuliah dirinya tidak pernah bercita-cita sebagai Menteri. Ia hanya melakukan segala sesuatu sebaik mungkin dengan berusaha keras mengotimalkan potensi diri. “Dulu ketika berangkat untuk kuliah, Ibu berkata agar manfaatkan ilmu untuk orang banyak. Semester 1 Ibu biayai selanjutnya saya cari sendiri. Akhirnya berbagai profesi digeluti mulai dari loper koran, kuli bangunan, berjualan kaligrafi hingga guru ngaji,” cerita Menpora yang akrab disapa Cak Imam ini.

Terkait almamaternya, Alumni UINSA angkatan tahun 1991 ini mengungkapkan rasa bangga setinggi-tingginya karena selama menjalani masa kulliah telah banyak ilmu dan pengalaman yang diberikan pihak kampus. Meskipun harus lulus dengan masa kuliah selama tujuh tahun, Cak Imam tidak menyesal, pasalnya ketika itu tiga kegiatan harus dilakukan secara bersamaan yakni kuliah, bekerja dan berorganisasi.

Iaberpesan kepada mahasiswa agar bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu dengan memperbaiki niat sejak awal. Potensi apapun yang dimiliki harus terus digali dan diasah, Ia yakin suatu saat akan berguna di masyarakat. “Bercita-citalah setinggi dan seluas langit karena itu tidak bayar. Lakukan sekarang masa depan menanti kita,”tukasnya.

Rektor UINSA, Prof Dr Abdul A’la pada kesempatan ini menyampaikan selamat dan sukses atas ditunjuknya alumni UINSA H. Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. “Selamat datang di almamater tercinta. Atas nama pimpinan dan civitas akademika UINSA kami mengucapkan selamat atas ditunjuknya H Imam Nahrawi sebagai Menpora RI,”ujarnya.

Ia berencana memberikan gelar doktor kehormatan untuk Menpora Imam Nahrawi. Gelar Doktor Honoris Causa tersebut akan diberikan pada 2015 mendatang. “Saya mengundang Bapak Imam Nahrawi untuk di Doktorkan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Nanti juga akan ada dua tokoh nasional yang akan di Doktorkan yaitu Ketua PBNU As’ad Ali, ulama dan budayawan Mustofa Bisri,” papar Prof A’la.

Selanjutnya Rektor meminta tim dari UINSA untuk mempersiapkan administrasi agar segera dapat diproses gelar Doktor kepada Menpora pada tahun depan. Rencananya, gelar Doktor yang akan diberikan pada bidang Pendidikan dan Pemuda.

Hadir pada acara ini beberapa Guru Besar, Dekan, Dosen dan civitas akademika lainnya. Usai acara Menpora mengunjungi Stand Pameran Hasil Produk Laut yang digelar Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan. Tanpa sungkan Imam Nahrawi berbaur dan bercengkrama dengan para mahasiswa, sesekali menyempatkan diri untuk berfoto bersama. (Humas/Lukman)

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s